120 Santri Dayah Darul Quran Aceh Ikut Program Mukhayyam Ramadhan

Harian Reportase - Minggu, 17 April 2022
120 Santri Dayah Darul Quran Aceh Ikut Program Mukhayyam Ramadhan
  Harian Reportase
Penulis
|
Editor

Aceh Besar, Harian Reportase — Sebanyak 120 santriwan dan satriwati tingkat SMP dan SMA Dayah Darul Quran Aceh mengikuti program Mukhayyam Ramadhan di komplek dayah tersebut jalan Banda Aceh-Medan, KM 19,5 Gampong Tumbo Baro, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar.

Kegiatan dengan tema “Menggapai Berkah Al Quran di Bulan Ramadhan” itu berlangsung mulai tanggal 6 sd 21 April 2022 yang bertepatan dengan 4 sd 19 Ramadhan 1443 H dan dibuka resmi oleh Direktur Darul Quran Aceh, Ustaz Hajarul Akbar Al Hafiz, MA

Ketua Panitia Pelaksana Ustaz Alfian Nikmat S.Pd.I, Minggu (17/04/2022) mengatakan kegiatan tahunan tersebut bertujuan untuk lebih memaksimalkan hafalan Alquran santri selama bulan Ramadhan ini.

“Dayah Darul Quran Aceh background utamanya Al-Qur’an bidang tahfiz, maka momen Ramadhan ini kita upayakan pula agar hafalan Al-Qur’an para santri tersebut lebih meningkat dari hari-hari biasa. Karena selama Ramadhan, fokus mareka hanyalah membaca dan menghafal AlQuran,” kata Ustaz Alfian Nikmat.

Baca Juga:  Yesus (alaihi as-salam) Dalam Perspektif Islam

Ustaz Alfian menambahkan untuk kesuksesan program tersebut, panitia telah menyusun kegiatan-kegiatan yang menyenangkan dan santai agar para santri tidak kelelahan karena sedang berpuasa.

Kegiatannya meliputi sahur bersama, tahajud berjamaah dan halaqah tahfizd Al Quran. Selain itu juga ngabuburit dan buka puasa bersama dengan para guru dan santri di salah satu mesjid ternama di Provinsi Aceh.

“Semua program itu disusun dan disepakati bersama oleh para ustadz dan ustadzah yang terlibat dalam program Mukhayyam Ramadhan 1443 H. Alhamdulillah para santri dan santriwati sangat antusias dan bersamangat dalam mengikutinya,” kata Ustaz Alian.

Baca Juga:  Disdik Dayah Banda Aceh akan Gelar Pelatihan RPS

Sementara itu Direktur Dayah Darul Quran Aceh, Ustaz Hajarul Akbar Al Hafiz, MA menjelaskan program Mukhayyam tersebut sudah dilaksanakan sejak awal beroperasinya Dayah Darul Quran Aceh dan khusus dilaksanakan pada bulan Ramadhan. Pada pertama pelaksanannya kegiatan ini juga terbuka untuk umum.

Namun seiring perubahan iklim saat ini, peserta Mukhayyam Ramadhan dikhususkan untuk santriwan dan santriwati Dayah Darul Quran Aceh.

“Saya berharap peserta serius dan percaya diri dalam mengikuti setiap kegiatan yang sudah disusun oleh ustadz dan ustadzahnya. Selain itu harus pula menetapkan target yang ingin dicapai pada Ramadhan 1443 H dan tentunya haruslah lebih baik dari tahun sebelumnya,” kata Ustaz Hajarul Akbar.

Baca Juga:  Gubernur Aceh: Islam Larang Keras Monopoli

Pada kesempatan itu Ustaz Hajarul Akbar juga menceritakan perjalanan dan pengalaman dirinya dalam menghafal al Quran. Diantaranya tetap fokus dan istiqamah dengan apa yang sedang dilakukan saat ini. Jangan terburu-buru mengkhatamkan AlQuran, hafalan yang sudah ada tetap dijaga dengan baik dan terus diulang-ulang.

“Percayalah syafaat AlQuran akan buat kita jauh lebih sukses dari apa yang pernah kita bayangkan. Semoga dengan kegiatan tersebut para santri akan terpacu untuk terus menghafal Al-Qur’an dan InsyaAllah akan mendapatkan kerberkahan dari apa yang dilakukan pada bulan yang mulia ini,” Pungkas Ustaz Hajarul Akbar.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar