Ahli Paru : Hasil Positif Setelah Lebih Dua Pekan Isman Adalah Hal Yang Wajar Terjadi

Harian Reportase - Rabu, 23 Juni 2021
Ahli Paru : Hasil Positif Setelah Lebih Dua Pekan Isman Adalah Hal Yang Wajar Terjadi
Ilustrasi. (Doc: Ist)  Harian Reportase
Penulis
|
Editor

Banda Aceh, Harian Reportase — Seseorang yang telah menjalani isolasi mandiri (Isman) selama tiga minggu tanpa gejala namun masih dinyatakan positif Covid-19 merupakan hal yang wajar terjadi.

Demikian disampaikan oleh Sekretaris Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr Erlang Samoedro, yang dilansir CNNIndonesia.com, Selasa (23/12/2020).

“Meski tanpa gejala, tapi status tes PCR masih bisa positif pada pekan ketiga,” ujar ahli paru-paru, dr Erlang Samoedro. Selasa (22/12).

Baca Juga:  Gubernur Harapkan Al Washliyah Perkuat Akhlakul Karimah Generasi Muda Aceh

Tak ada faktor spesifik yang bisa memengaruhi hal tersebut. Hanya saja, Erlang memastikan, hasil positif hingga lebih dari dua pekan adalah hal yang wajar terjadi.

“Virusnya mungkin sudah pada mati. Yang terambil dan diperiksa oleh mesin PCR jasadnya saja,” jelas Erlang.

Sejumlah penelitian menemukan, pada jangka waktu 10-14 hari, jumlah virus yang hidup atau aktif ditemukan semakin sedikit.

“Jumlah virus yang hidup sudah sedikit sekali. Risiko penularan jauh berkurang, bahkan bisa dibilang tidak menular lagi,” jelas Erlang.

Baca Juga:  Gubernur Nova Tanggapi Pendapat Banggar DPRA

Sebagaimana diketahui, sebelumnya sejumlah penelitian menemukan bahwa umumnya virus ditemukan di dalam tubuh selama 14 hari. Namun, hal tersebut tak jadi satu-satunya jaminan, sebagaimana pada kasus Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Bukan hanya Nova, Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga mengalami hal yang sama, setelah tiga pekan menjalani isolasi mandiri, namun masih dinyatakan positif covid-19, sebagaimana dilansir CNNIndonesia.com, Rabu (23/12/2021).

Baca Juga:  Pencairan Insentif Imum Mukim Menunggu Hasil Fasilitasi Kemendagri

Sebelumnya Gubernur Aceh Nova Iriansyah dinyatakan positif COVID-19 usai melakukan tes usap atau swab PCR pada Senin (31/5/2021). Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dinyatakan positif COVID-19 tanpa gejala (OTG).

Tim dokter akan terus memantau perkembangan kondisi Gubernur Nova Iriansyah seraya menyarankan untuk melanjutkan isolasi mandiri sampai hasil swabnya menunjukkan negatif COVID-19.(Red)

Bagikan:

Tinggalkan Komentar