Pemukulan Gong, Rakernas SWI Resmi Dibuka

Harian Reportase - Sabtu, 23 Juli 2022
Pemukulan Gong, Rakernas SWI Resmi Dibuka
Sekretaris Jendral Sekber Wartawan Indonesia (SWI) Herry Budiman, resmi membuka Rakernas SWI dengan Pumukulan Gong. Bogor (23/7/2022). (Doc: Ist/Harian Reportase).  
Penulis
|
Editor

Bogor, Harianreportase.com — Rapat Kerja Nasional 2022 Sekber Wartawan Indonesia (SWI) resmi dibuka oleh Sekjen SWI, Herry Budiman ditandai dengan pemukulan gong, Sabtu malam (23/7/2022) di Kinasih Resort dan Conference Bogor.

Dalam sambutannya, Herry menyampaikan pesan kepada peserta Rakernas dari Aceh hingga Papua agar dalam mereka mengusulkan program kerja DPW/DPD di daerahnya masing2.

“Program kerja kalian DPW dan DPD silakan diusulkan untuk digodok dan sinkronisasi untuk masuk dalam program kerja nasional SWI 2023 – 2026” pesan Herry.

Usai membuka resmi Rakernas 2022, Herry langsung memimpin Sidang pembahasan tata tertib persidangan Rakernas.

“Tatip kan panduan dasar. Walau pembahasannya “panas” dan panjang, tapi alhamdulillah tatib telah disepakati dan ditetapkan.” ungkapnya.

Baca Juga:  Festival Kopi Nusantara Kodam IM Mulai Tanggal 23 s.d 27 Agustus di Blang Padang

Dirinya menambahkan, Rakernas akan dilaksanakan empat kali sidang sampai dengan minggu malam.

“Semoga Rakernas bisa menghasilkan komitmen bersama untuk melaksanakan program kerja dengan bersama-sama” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Sekber Wartawan Indonesia, Maryoko Aiko, saat  membuka Deklarasi dan Rakernas SWI I di Kinasih Resort & Conference, Bogor, menyatakan, Deklarasi dan Rakernas SWI I diikuti Seluruh DPW dari Aceh hingga Papua, dengan pengurus ranting DPD tingkat Kabupaten Kota.

Maryoko Aiko menyampaikan dua pesan penting terhadap peserta Deklarasi dan Rakernas SWI yang seluruhnya adalah jurnalis dari berbagai media online.

“Jurnalis atau wartawan, saya harap setiap membuat berita, karya jurnalisme haruslah berdasarkan kepada fakta. Nara sumber yang valid.” ungkapnya.

Baca Juga:  Pemerintah Aceh Terima BKN Award 2021

“Cek dan ricek diperlukan untuk menghasilkan karya jurnalisme yang berkualitas, independen dan bertanggung jawab.” lanjut Aiko.

“Karena ada spirit independen, maka ruang hak jawab baik dari nara sumber maupun obyek berita wajib diperlukan. Karena hak jawab dari sumber berita maupun obyek berita sama-sama dilindungi oleh UU Pers No.40 tahun 1999.” kata Ketum SWI Maryoko Aiko.

Pria kelahiran Wonogiri, itu sejak sekolah sudah bergelut di bidang literasi. Jejak-jejak karyanya banyak tercata di arsip berbagai media cetak dan media online.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Umum SWI, Maryoko Aiko juga menyampaikan kepada peserta Deklarasi untuk mempersiapkan segala hal baik itu sisi administrasi dan lainnya agar Sekber Wartawan Indonesia atau SWI bisa segera menjadi Konstituen Dewan Pers tahun ini.

Baca Juga:  Umat Islam Indonesia itu Berkarakter Wasathiyah

“Target SWI akan menjadi konstituen Dewan Pers Tahun ini. Segala administrasi dan persyararatan sudah kita penuhi. Tinggal nanti DPP melakukan audiensi dengan Dewan Pers untuk menyerahkan dokumen dan persyaratan administrasi.” tutup Maryoko Aiko.

Sekber Wartawan Indonesia memiliki pengurus di Wilayah, 28 DPW dan 67 DPD yang sudah mendapatkan SK dari DPP.

Dalam penutupan, Ketua Umum Sekber Wartawan Indonesia memberikan apresiasi kepada Bank Mandiri sebagai partner dalam penyelenggaraan Deklarasi dan Rakornas SWI I.

Pemukulan Gong sebagai tanda rakernas resmi dibuka.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar