Peringati HPN 2022, SWI Aceh Barat Gelar Diskusi Publik

Harian Reportase - Kamis, 17 Februari 2022
Peringati HPN 2022, SWI Aceh Barat Gelar Diskusi Publik
Para peserta sangat antusias mengikuti diskusi publik, yang digelar DPD SWI Aceh Barat, Kamis (17/2/2022).  Harian Reportase
Penulis
|
Editor

Aceh Barat, Harian Reportase — Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional 2022, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Sekber Wartawan Indonesia (SWI) Kabupaten Aceh Barat menggelar diskusi publik dengan tema “Peran dan Harapan Masyarakat Pada Wartawan di Bumi Teuku Umar”. Kamis (17/2/2022).

SWI yang merupakan salah satu organisasi kewartawanan yang sangat diharapkan kontribusinya terhadap kemajuan dan pembangunan daerah, juga diharapakan menjadi wadah kontrol sosial dan wahana komunikasi massa.

Maka dari itu, SWI didorong Untuk menjalankan peran dan fungsinya dengan baik serta mampu bersinergi dengan pemerintah, Non Government termasuk  lembaga lainnya agar aspirasi  Masyarakat tersampaikan dengan baik.

Sebagai organisasi profesi, SWI terus melakukan pembinaan dan pembekalan terhadap anggotanya dengan berbagai kemampuan, demi terwujudnya wartawan profesional dan berintegritas sesuai amanat Undang-undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers.

Baca Juga:  Empat Pulau di Singkil Masuk Wilayah Aceh

Ketua DPD SWI Aceh Barat, Fitriadi S.Pd. I dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh panitia yang sudah bekerja keras dari pertama persiapan hingga acara ini sukses, Juga kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama.

“SWI adalah suatu wadah perkumpulan wartawan yang bekerja di berbagai media, baik media cetak, online dan televisi yang selalu di sarankan mampu menyajikan informasi yang akurat, dan sesuai dengan kode etik jurnalis.” kata fitriadi

Baca Juga:  KKP Bersama DKP Aceh Sosialisasi Batas Penangkapan Ikan Di Aceh Timur

Fitriadi melanjutkan, Guna memeriahkan Semangat kebangkitan Jurnalis, SWI berpartisipasi untuk merayakan HPN di wilayah Aceh Barat.

“Salah satu kegiatan yang dipilih adalah Diskusi Publik tentang penyelamatan lingkungan, tema itu dipilih mengingat banyaknya tambang ilegal (Ilegal mining) dan legal yang mengabaikan aturan sehingga menyebabkan kerusakan lingkungan, maka perlu peran dari rekan-rekan media demi menyelamatkan alam di wilayah pertambangan.” jelasnya

Kegiatan tersebut turut dihadiri beberapa narasumber ternama dari dalam dan luar daerah, kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Bapeda Aceh Barat.

Sementara itu, Ketua Panitia Imran Daoed, MH menyampaikan, Sebuah solusi supaya ada jalan keluar terhadap kerusakan lingkungan di Bumi Teuku Umar yang aktif di suarakan Lembaga Swadaya Masyarakat, tokoh dan aparat keamanan, keresahan warga mesti menjadi perhatian semua pihak.

Baca Juga:  Gubernur Dukung PT Waskita Karya Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Air di Aceh

“Dasar itu Kami dari SEKBER Wartawan mengumpulkan berbagai elemen dalam satu ruang diskusi guna kita serap aspirasi bagaimana seharusnya pemerintah menyikapi persoalan tambang, SWI hanya memfasilitasi bukan tim eksekusi, Alhamdulillah berkat kerjasama semua pihak, kegiatan ini telah kita selesaikan dengan sukses,” Paparnya

Wujud kepeduliannya terhadap warga, SWI akan menggelar donor darah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Kami akan menggelar donor darah pada tanggal 21 Februari 2022 di fakultas Teuku Umar.” Tutupnya

Bagikan:

Tinggalkan Komentar