50 Guru Dayah Kota Banda Aceh Ikut Workshop Akreditasi Dayah

Harian Reportase - Rabu, 21 September 2022
50 Guru Dayah Kota Banda Aceh Ikut Workshop Akreditasi Dayah
Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Kota Banda Aceh menggelar Workshop Akreditasi Dayah, di Hotel Grand Permata Hati, 20 sampai dengan 21 September 2022. (Doc: Ist/Harian Reportase).  
Penulis
|
Editor

Banda Aceh, HARIANREPORTASE.com — Dalam rangka pelaksanaan Akreditasi Dayah Tahun 2023, Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Kota Banda Aceh menggelar Workshop Akreditasi Dayah, di Hotel Grand Permata Hati, 20 sampai dengan 21 September 2022.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Badan Akreditasai Dayah Aceh (BADA) dan Asesor Akreditasai Dayah Aceh yaitu Heakal Afifa Arsyarkawi, S.IP dan Marwidin Mustafa, S,Sos,I, M.Ikom.

“Kegiatan ini diikuti oleh 50 guru dan sekretaris dayah se- kota Banda Aceh,” kata Kepala Disdik Dayah Banda Aceh, Muhammad, S.Sos, MM melalui keterangan tertulis yang diterima harianreportase.com, Rabu (21/9/2022).

Baca Juga:  Pungli Rumah Dhuafa Harus Diusut Tuntas

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Pj Walikota Banda Aceh Bakri Siddiq, S.E, M.Si, yang dalam hal ini diwakili Staf Ahli bidang Kesra Setda Kota Banda Aceh, Ardiansyah, S.STP, M.Si.

Dalam sambutannya, Ardiansyah berharap pelaksanaan Workshop Akreditasi Dayah dapat menambah wawasan dan ilmu baru sekaligus mempertajam khazanah intelektual guru dan sekretaris dayah di Kota Banda Aceh.

“Kita pahami bahwa ruhnya Dayah adalah Kitab Thurats (Kitab Kuning). Berbagai materi termaktub dalam Kitab Thurast, akan tetapi harus diakui bahwa pengelolaan manajemen tata kelola dayah juga menjadi penting. Karnanya momentem pelaksanaan Workshop Akreditasi Dayah yang dilakukan selama dua hari dinilai strategis,” ungkap Ardiansyah

Baca Juga:  Mari Bertindak Sesuai Hukum

Hal ini juga dalam rangka merespon kebijakan Pemerintah Aceh dalam pelaksanaan Akreditasi Dayah Aceh Tahun 2023.

Sebagai informasi, sesuai penilaian Akreditasi Dayah Aceh Tahun 2021 sebanyak 4 dayah di Banda Aceh meraih Akreditasi A, tiga berasal dari Dayah Terpadu yaitu Inshafuddin, Darul `Ulum dan Babun Najah serta 1 dayah Salafiyah (tradisional) Madinatul Fata.

“Sementara B sebanyak 6 Dayah, Akreditasi C sebanyak 11 Dayah, serta Non Tipe sebanyak 18 Dayah.” ungkap Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Banda Aceh, Muhammad Syarif, SHI,M.H

Baca Juga:  MUI : Vaksin Merah Putih Suci dan Halal

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Majelis Pendidikan Daerah Kota Banda Aceh, Drs. H. Salman Ishak, M..Si Pejabat Disdikbud Kota Banda Aceh, Sabri, S.Pd, Jurnalis TV dan perwakilan guru dayah se-Kota Banda Aceh.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar