Award Winners

UMP 2025 Terendah dan Tertinggi di Seluruh Indonesia, Berikut Rinciannya

Harian Reportase - Jumat, 20 Desember 2024
UMP 2025 Terendah dan Tertinggi di Seluruh Indonesia, Berikut Rinciannya
Foto : Ilustrasi  
Penulis
|
Bagikan:

HARIANREPORTASE.com – Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun 2025 dimasing masing provinsi berbeda beda, ada terendah dan tertinggi se-Indonesia.

Sebelumnya Pemerintah telah menetapkan kenaikan rata-rata UMP tahun 2025 sebesar 6,5 persen.

Penetapan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 16 Tahun 2024 tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2025.

UMP untuk masing-masing provinsi pun berbeda-beda. Provinsi tertentu memiliki UMP 2025 terendah dan tertinggi se-Indonesia.

Lalu, provinsi mana dengan UMP 2025 terendah dan tertinggi di Indonesia?

UMP 2025 terendah dan tertinggi di Indonesia Dihimpun dari akun Instagram Kemenaker dan IndonesiaBaik, Jum’at (20/12/2024), UMP 2025 terendah di Indonesia masih dipegang oleh Jawa Tengah, seperti halnya di tahun 2024.

Baca Juga:  Memahami Karakter Dunia, Berikut Daftar Khatib Jumat 31 Maret 2023 se Aceh Besar

Diketahui, UMP Jawa Tengah tahun 2025 mengalami kenaikan menjadi Rp 2.169.349 dari sebelumnya Rp 2.036.947.

Kemudian, Jawa Barat menduduki posisi kedua untuk provinsi dengan UMP terendah di Indonesia tahun 2025.

UMP Jawa Barat pada 2025 sebesar Rp 2.191.232, mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp 2.057.495.

Sementara predikat provinsi dengan UMP 2025 tertinggi se-Indonesia masih tetap dipegang oleh Jakarta.

UMP Jakarta tahun 2025 berada di angka Rp 5.396.761, naik sekitar Rp 300.000 dari sebelumnya Rp 5.067.381 pada 2024.

Baca Juga:  Polri Tegaskan Komitmen Transparansi, Berkas Kasus Kekerasan Anak di Tual Dilimpahkan ke Kejaksaan

Provinsi Papua, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan, bersama-sama berada di posisi kedua dengan UMP tertinggi se-Indonesia, yakni sebesar Rp 4.285.850.

Daftar lengkap UMP 2025 se-Indonesia

Berikut ini daftar lengkap UMP 2025 seluruh Indonesia, dari tertinggi hingga terendah:

  1. Jakarta: Rp 5.396.761
  2. Papua: Rp 4.285.850
  3. Papua Pegunungan: Rp 4.285.850
  4. Papua Selatan: Rp 4.285.850
  5. Papua Tengah: Rp 4.285.848
  6. Kepulauan Bangka Belitung: Rp 3.876.600
  7. Sulawesi Utara: Rp 3.775.425
  8. Aceh: Rp 3.685.616
  9. Sumatera Selatan: Rp 3.681.571
  10. Sulawesi Selatan: Rp 3.657.527
  11. Kepulauan Riau: Rp 3.623.654
  12. Papua Barat: Rp 3.615.000
  13. Papua Barat Daya: Rp 3.614.000
  14. Kalimantan Utara: Rp 3.580.160
  15. Kalimantan Timur: Rp 3.579.314
  16. Riau: Rp 3.508.776
  17. Kalimantan Selatan: Rp 3.496.194
  18. Kalimantan Tengah: Rp 3.473.621
  19. Maluku Utara: Rp 3.408.000
  20. Jambi: Rp 3.234.535
  21. Gorontalo: Rp 3.221.731
  22. Maluku: Rp 3.141.700
  23. Sulawesi Barat: Rp 3.104.430
  24. Sulawesi Tenggara: Rp 3.073.551
  25. Bali: Rp 2.996.561
  26. Sumatera Barat: Rp 2.994.193
  27. Sumatera Utara: Rp 2.992.559
  28. Sulawesi Tengah: Rp 2.915.000
  29. Banten: Rp 2.905.119
  30. Lampung: Rp 2.893.070
  31. Kalimantan Barat: Rp 2.878.286
  32. Bengkulu: Rp 2.670.039
  33. Nusa Tenggara Barat: Rp 2.602.931
  34. Nusa Tenggara Timur: Rp 2.328.969
  35. Jawa Timur: Rp 2.305.985
  36. DI Yogyakarta: Rp 2.264.080
  37. Jawa Barat: Rp 2.191.232
  38. Jawa Tengah: Rp 2.169.349.
Bagikan:

Tinggalkan Komentar