Dikabarkan Akan Dilantik Sebagai Rektor UIN Ar Raniry, Berikut Profil Prof. Mujiburrahman

Harian Reportase - Rabu, 27 Juli 2022
Dikabarkan Akan Dilantik Sebagai Rektor UIN Ar Raniry, Berikut Profil Prof. Mujiburrahman
Prof Dr Mujiburrahman M.Ag (Doc:Ist/Harian Reportase)  
Penulis
|
Editor

Banda Aceh, HARIANREPORTASE.COM —  Prof Dr Mujiburrahman MAg dikabarkan akan dilantik menjadi Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh periode 2022-2026 pada Kamis (28/7/2022) besok.

Prof. Mujiburrahman menggantikan Prof Dr H Warul Walidin AK MA yang habis masa jabatannya pada 2 Juli 2022 lalu dan masa tugas tambahan hingga rektor baru terpilih.

Informasi Prof Dr Mujiburrahman akan dilantik menjadi Rektor UIN Ar-Raniry yang baru mulai beredar hari ini di sejumlah kalangan termasuk kalangan internal kampus.

Namun, hingga berita ini diturunkan, Serambinews belum mendapat konfirmasi apakah benar Prof Mujiburrahman yang akan dilantik atau bukan.

Baca Juga:  DPR Aceh Reposisi Alat Kelengkapan Dewan

Berikut Profil Prof Mujiburrahman

Putra Aceh Besar kelahiran Lambirah, pada 8 September 1971.

Ia merupakan Guru Besar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry.

Sebelumnya sempat menjabat sebagai dekan di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry.

Selain sebagai akademisi UIN Ar-Raniry, Prof Mujiburrahman juga aktif sebagai konsultan Pusat Kajian Pendidikan dan Masyarakat (PKPM) Aceh.

Dilansir uin.ar-raniry.ac.id, jabatan fungsional terakhir yang diraih Prof Dr Mujiburrahman, M.Ag adalah Lektor Kepala kum 658,50 yang diraih pada 1 Desember 2015.

Mujiburrahman meraih gelar tertinggi di perguruan tinggi ini berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor  115594/mpk/kp/2020 Tentang Kenaikan jabatan akademik/fungsional dosen.

Baca Juga:  Penyuluh Agama Aceh Besar Ikut Penguatan Moderasi Beragama

Dalam surat yang ditandatangani pada tanggal 19 November 2020 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, disebutkan bahwa terhitung mulai tanggal 1 Agustus 2020 Prof Mujiburrahman dinaikkan jabatannya menjadi Profesor/Guru Besar dalam bidang ilmu Pemikiran Pendidikan Islam dengan angka kredit sebesar 865.

Prof Mujiburrahman yang pernah menjadi Kepala Lembaga Penelitian dan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Ar-Raniry ini, memulai pendidikan perguruan tingginya pada S1 Prodi PAI Fakultas Tarbiyah UIN Ar-Raniry tahun 1995.

Baca Juga:  Maju sebagai Calon Ketua PPNI Kota Banda Aceh, Masli Klaim Sudah dapat Restu Tokoh Keperawatan di Aceh

Kemudian Ia melanjutkan S2 Studi Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2000 dan S3 pada Universitas Utara Malaysia tahun 2010.

Saat mendaftar Calon Rektor UIN Ar-Raniry beberapa waktu lalu, Prof Mujiburrahman mengatakan visinya adalah memajukan pendidikan dengan cara mengaktifkan fungsi kampus UIN Ar-Raniry sebagai transmisi keilmuan dan pusat pengembangan dan pencerahan peradaban.

Prof. Mujib ingin mewujudkan UIN Ar-Raniry yang Unggul, Inovatif, Nasionalis, Agamis, dan Responsif (UINAR). [serambinews]

Bagikan:

Tinggalkan Komentar