Award Winners

Rencana Investasi, Manajemen PT Perikanan Samudra Berkah Tinjau PPS Kutaraja

Rencana Investasi, Manajemen PT Perikanan Samudra Berkah Tinjau PPS Kutaraja
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh, Aliman S.Pi, M.Si, Anggota Komisi IV DPR RI asal Aceh, Ir H TA Khalid MM, Direktur Operasional PT Perikanan Berkah Samudra, Ahmad Soetopo, meninjau Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kutaraja Lampulo Banda Aceh pada, Sabtu, 17/7/2021. (Doc: Humas DKP Aceh).  
Penulis
|
Editor

Banda Aceh, Harian Reportase — Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh, Aliman S.Pi, M.Si bersama rombongan Direktur Operasional PT Perikanan Berkah Samudra, Ahmad Soetopo serta Anggota Komisi IV DPR RI asal Aceh, Ir H TA Khalid MM, meninjau secara langsung Pelabuhan Perikanan Samudra Kutaraja Banda Aceh, Sabtu, (17/07/2021).

Kedatangan pihak manajemen dari PT Perikanan Berkah Samudra, Ahmad Soetopo serta Anggota Komisi IV DPR RI asal Aceh, Ir H TA Khalid MM, di Kawasan PPS Kutaraja Lampulo Banda Aceh untuk melihat secara langsung kondisi fasilitas yang telah tersedia dikawasan tersebut, terkait dengan wacana investasi sektor perikanan tangkap pihak PT Perikanan Berkah Samudra.

Baca Juga:  Bangun Komunikasi Santun di Tahun Politik

Direktur Utama PT, Perikanan Berkah Samudra Ahmad Soetopo menyatakan, pihaknya berminat melakukan investasi di kawasan Pelabuhan Perikanan samudra (PPS) Kutaraja Banda Aceh.

“Kondisi fasilitas pendukung sudah cukup memadai di sini, dan kawasan areal Pelabuhan Perikanan juga sangat strategis untuk dikembangkan kedepan,” kata Ahmad.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh, Aliman S.Pi M.Si, menyambut baik wacana investasi sektor perikanan tangkap dan pembekuan ikan oleh PT. Perikanan Berkah Samudra di Kawasan Pelabuhan Perikanan Samudra Kutaraja Lampulo Banda Aceh.

“Kita sangat mendukung pihak Investor yang akan melakukan investasi di kawasan PPS Kutaraja Banda Aceh, tentu ini membuka peluang baru dan terbukanya lapangan kerja dengan adanya Investasi,” ujar Aliman.

Baca Juga:  Optimalkan Restribusi Pelabuhan Perikanan, DKP Aceh Usulkan Rancangan Qanun

Aliman juga menambahkan, dengan adanya perusahan yang berinvestasi dibidang perikanan tangkap, maka pontensi sumberdaya ikan di perairan Aceh dapat dimanfaatkan secara maksimal dengan adanya armada-armada kapal yang mampu menjangkau perairan laut lepas.

“Aceh memiliki potensi SDI yang bernilai ekonomis tinggi, untuk sektor industri, seperti, Tuna Sirip Kuning, Cakalang, Tongkol, dan berbagai jenis ikan pelagis lainya,” terangnya.

Lebih lanjut, tambah Kadis DKP Aceh, adanya kawasan pengembangan ekonomi berbasis usaha penangkapan ikan yang dikembangkan secara terintegrasi oleh pemerintah, maupun swasta dan masyarakat dalam kawasan Pelabuhan Perikanan Samudra Kutaraja Lampulo Banda Aceh, akan mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah, penciptaan lapangan kerja dan pendapatan masyarakat kawasan Pelabuhan.

Baca Juga:  Al Hudri Gagal Implementasi Pendidikan Islami di Aceh

Sebagaimana diketetahui, Pelabuhan Perikanan Samudra (PPS) Kutaraja Lampulo Banda Aceh merupakan Pelabuhan Perikanan Samudra yang terletak paling Barat Indonesia, yang melayani sejumlah armada penangkapan di Provinsi Aceh, dengan berbagai jenis alat tangkap.

Keberadaan Pelabuhan Perikanan Samudra (PPS) Kutaraja Lampulo Banda Aceh sangat strategis dikembangkan sebagai kawasan industri, memiliki areal wilayah penangkapan yang meliputi Wilayah Pengelolaan Perikanan (WWP 571) dan Wilayah Pengelolaan Perikanan (WWP 572), dengan potensi sumberdaya Ikan bernilai ekonomis. (*)

Bagikan:

Tinggalkan Komentar